Teluk kuantan | Trans-News.com
Dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2024, Polres Kuansing menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023, Senin (9/10/2023) pukul 13.30 WIB yang dilaksanakan di Aula Sanika Satyawada Polres Kuansing.

Dalam Rakor tersebut turut hadir Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito S.I.K.,M.H, Bupati Kuansing diwakili oleh Sekda Kab. Kuansing H. Dedi Sambudy, SKM.M.Kes, Kajari Kuansing Nurhadi Puspandoyo S.H., M.H, Ketua Bawaslu Kab. Kuansing Sdr. Mardius Ado Saputra S.H.,M.H, Wakil ketua Pengadilan negeri Taluk Kuantan Sdr Guntur Pambudi Wijaya S.H.,M.H, PIh Ketua KPU Kab. kuansing Sdri. Wigati Iswandhiari,ST.MM (Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM), Kepala Badan Kesbangpol Sdr. Muhjelan Arwan S.H, Para Kabag Polres Kuansing, Kepala BPBD Kab. Kuansing Sdr. Andri Zul, Danramil 02 Kuantan Tengah KAPTEN Inf Legimin, Para Kapolsek Jajaran Polres Kuansing, Perwira Polres Kuansing, Para Kanit Jajaran Polres dan Polsek Polres Kuansing.

Dalam sambutanya, Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito S.I.K.,M.H, mengucapkan “Selamat datang kepada unsur Forkopimda di Polres Kuansing, tujuan rapat koordinasi Lintas Sektoral sedang mempersiapkan ops Mantap Brata dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2024 di Kab. Kuansing, berharap input dan masukan dari narasumber yang menjadi pedoman dan evaluasi kami dalam ops mantap brata Demi menjaga situasi Harkamtibmas,” ucap AKBP Pangucap.

“Kerawanan situasi perpolitikan Kab. Kuansing sehingga butuh masukan dari Stake holder untuk memperlancar Ops Mantap Brata Tmt tanggal 19 oktober 2023,” jelas AKBP Pangucap.

Sementara Paparan dari Sekda Kab. Kuansing H. Dedi Sambudy, SKM.M.Kes menyampaikan Lima Arahan Penting Presiden RI untuk Kesiapan Pelaksanaan Pemilu yakni Pastikan seluruh kegiatan di semua tahapan memiliki pengaturan teknis dan koridor hukum yang jelas, Sarana dan Prasarana Logistik harus disiapkan secara detail, serta pengadaannya dilakukan secara tepat, baik waktu maupun jumlahnya.

Paparan oleh Ketua Bawaslu Kab. Kuansing Sdr. Mardius Adi Saputra S.H.,M.H menyampaikan Peran bawaslu kabupaten kuantan singing dalam Pelaksanaan Pencegahan Dan Penindakan Pelanggaran pemilu juga melibatkan pengawas pemilu adhoc (saat ini yang telah dibentuk yaitu panwaslu kecamatan dan pengawas kelurahan/ desa se kabupaten kuantan singingi, dan untuk pengawas tps belum dibentuk), stakeholder seperti kepolisian dan kejaksaan yang tergabung dalam sentra gakkumdu.

Paparan oleh Kajari Kuansing Nurhadi Puspandoyo S.H.,.M.H menyampaikan Kriteria Jaksa dalam Gakkumdu yaitu Sch ikut pelatihan TP PEMILU, memiliki semangat dan integritas tinggi yang ditugaskan berdasarkan Surat Perintah kepala satuan kerja masing-masing dengan batas waktu penugasan ialah selama tahapan Pemilu berlangsung hingga selesai Konsentrasi penuh dalam pada penanganan perkara pemilu.

Paparan dari PIh Ketua KPU Kab. kuansing Sdri. Wigati Iswandhiari,ST.MM (Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM ) menyampaikan Terima Kasih kepada pihak Polri dan TNI yang akan berkerjasama dalam menjaga keamanan terkait pemilu dan Pilkada sampai pelantikan nanti, Pemilu adalah suatu ajang atau sarana perubahan pemimpin kita yang Sah atau Legal dan sesuai UU, oleh karena itu suara rekan-rekan sangat berharga menentukan pemimpin.

Paparan oleh Kabag Ops Polres Kuansing Kompol Hendri Suprto S.Sos menyampaikan, Polda Riau dan Polres Kuansing dengan didukung TNI, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat ”mantap brata 2023-2024” dalam rangka pengamanan tahapan pemilu 2023-2024 selama 222 hari meliputi pendaftaran dan penetapan capres dan cawapres, kampanye, masa tenang, pungut suara, hitung suara, rekap dan penetapan hasil pemilu, pengucapan sumpah janji anggota dpr, dpd, dan dprd serta pengucapan sumpah janji presiden dan wakil presiden.

“Mari kita berusaha tidak ada gejolak, dimana saat ini di wilayah kita tengah dilanda masalah ekonomi secara nasional untuk itu saya harap kepada seluruh jajaran untuk berhati-hati dalam memberikan statement kepada publik dan juga kami harap rekan-rekan sekalian untuk dapat memberikan informasi sedini mungkin terkait potensi-potensi konflik yang terjadi” ungkap AKBP Pangucap.

” Dengan dukungan pemerintah, rekan-rekan Forkopimda, KPU, Bawaslu, dan seluruh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi Insha Allah kita dapat melaksanakan Pemilu 2024 sebagaimana harapan Kita semua ” tutup Kapolres Kuansing mengakhiri keterangannya.

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *