Teluk Kuantan | Trans-News.com
Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, SIK, MH., pimpin Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lancang Kuning Tahun 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 secara serentak di seluruh Indonesia pada Selasa (17/10/2023) sekira pukul 09.00 WIB.

Bertempat di Jalan Rusdi S. Abrus Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuansing, Polres Kuansing melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dipimpin Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, SIK, MH.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kuansing H. Suhardiman Amby,Ak., MM, Ketua DPRD Kuansing diwakili oleh Waka 1 DPRD Kuansing Drs. H. Darmizar, Kepala Kejaksaan Kuansing Nurhadi Puspandoyo SH MH, Dandim 0302 Inhu-Kuansing diwakili oleh Danramil Kuantan Mudik Lettu Indrayono, Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi, ST., Ketua Bawaslu Kuansing diwakili oleh Komisioner Bawaslu Ade Indra Sakti, SE, Danramil 09 Singingi Kapten Inf Yusnari, Para Kadis, Kaban, Ka Sat Pol PP dilingkungan Pemkab. Kuansing, Para Kabag Polres Kuansing, Para Kasat Polres Kuansing, Para Kapolsek Jajaran, Para Perwira Polres Kuansing, Personil Polres Kuansing, Personil TNI, Sat Pol PP Kab. Kuansing dan Dinas Perhubungan Kab. Kuansing.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, SIK, MH., mengungkapkan “ Apel gelar pasukan itu dalam rangka pemeriksaan akhir kesiapan personel, alat serta sarana dan prasaran yang digunakan Polri dalam rangka pengamanan Pemilu 2024. Dan Dalam pengamanan Pemilu 2024, Polri menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024 selama 222 hari, terhitung mulai dari tanggal 19 oktober 2023 sampai dengan 20 oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu,”

Dalam amanatnya Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, SIK, MH., menyampaikan bahwa Pemilu 2024 merupakan pesta terbesar politik Indonesia mengingat potensi ini perlu kita antisipasi untuk menjaga kondusifitas yang ada diwilayah kita, terangnya.

“Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi personel korps brimob polri dan dalmas nusantara, dimana untuk korps brimob terbagi dalam 4 wilayah sedangkan untuk dalmas nusantara terbagi dalam 7 zonasi. Bukan hanya itu, polri juga menyiapkan 2.000 personel brimob power on hand kapolri serta 8.500 personel dalmas nusantara yang siap di mobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh wilayah Indonesia,” jelas AKBP Pangucap.

Lanjutnya, terorisme juga harus menjadi perhatian serius Pada penyelenggaraan pemilu 2019 terdapat 6 aksi serangan teror dan ini tidak boleh terjadi di pemilu 2024. Terlebih saat ini perang antara hamas dengan militer israel sedang bereskalasi, dimana hal ini dapat berdampak terhadap situasi di Indonesia, optimalkan preventif strike agar pelaku teror berhasil ditangkap sebelum melancarkan aksinya, sehingga kita bisa memastikan tidak ada letupan sekecil apapun pada pemilu 2024.

Apel Gelar pasukan ini ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita oleh Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, SIK, MH., kepada perwakilan personil masing masing Satgas.

Selanjutnya terkait tindak pidana pemilu, lakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar sentra gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat, pada kesempatan yang penuh semangat dan kebersamaan ini, terdapat penekanan untuk dipedomani serta dilaksanakan sebagai berikut, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa dan semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua. Pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya, sehingga operasi dapat mendukung pelaksanaan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai sop dengan menerapkan buddy system guna menjamin keselamatan personel.

Pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan kepada anggota masing-masing. Lakukan pengatur pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima, Hal ini penting, mengingat operasi yang kita laksanakan cukup panjang dan pemilu 2024 dilakukan secara serentak. Kedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi.

Terakhir Kapolres juga mengajak seluruh personil dan instansi terkait untuk bersama sama mengamankan pemilu 2024 agar terlaksana dengan baik, aman dan kondusif, tingkatkan sinergitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi.

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *