Jepang | Trans-News.com

Jepang – Walikota Iiyama-shi (Kota Iiyama), Prefecture Nagano, Jepang, berkenan menerima kunjungan audiensi team Jurnalis dan Pewarta Warga dari Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Acara temu silahturami dan audiensi tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Pemerintah Kota Iiyama, 11 10-1 Iiyama CityHall, Iiyama City, Nagano 389-2292 Japan, pada Senin, 6 November 2023.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Iiyama-shi yang diwakili Wakil Walikota Iiyama-shi, Her Excellency Dr. Yukari Ito, menerima Plakat PPWI dan Certificate of Appreciation dari PPWI International. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, didampingi ketua rombongan, Dr. Ali Syarief, dan seluruh anggota team PPWI.

Hal itu disampaikan ketua rombongan Ali Syarief kepada jaringan media se-nusantara merespon permintaan informasi terkait kunjungan PPWI ke Jepang ke Nagano Prefecture. “PPWI memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Iiyama dalam bentuk Plakat PPWI dan Certificate of Appreciation atas kesediaan Pemerintah Kota Iiyama memfasilitasi kunjungan studi wartawan pariwisata PPWI ke wilayah Iiyama-shi, Prefecture Nagano, Jepang,” ungkap CEO Cross Culture Institute yang tinggal di Depok, Jawa Barat, ini.

Sebagaimana diketahui bahwa team PPWI sebanyak sepuluh orang saat ini sedang melakukan kunjungan study ke Jepang dengan mengusung tagline ‘The Indonesian Journalistic Tourism Benchmark’. Team berangkat pada Sabtu, 4 November 2023 dan akan kembali ke tanah air pada 12 November 2023 mendatang.

Dalam keterangannya, Ali Syarief yang fasih berbahasa Jepang dan Inggris ini menjelaskan bahwa kegiatan kunjungan PPWI dapat terlaksana atas kerjasama berbagai pihak. “Di samping mendapat bantuan dari Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Bapak Raja Sapta Oktohari, program ini juga bisa direalisasikan berkat kerjasama dan dukungan berbagai pihak di Jepang, antara lain Pemerintah Iiyama-shi dan Hippo Lex Institute Japan,” terangnya.

Hadir dalam pertemuan dengan Walikota Iiyama-shi, disamping Dr. Yukari Ito, terlihat juga sejumlah pejabat teras Pemerintah Kota Iiyama, diantaranya Mr. Miyamoto dan Mr. Kazu. Selain itu, hadir juga President of Hippo Lex Institute Japan, Dr. Kenshi Suzuki, bersama sejumlah staf-nya dari Tokyo.

Dalam sambutannya, Yukari Ito menyatakan rasa senang dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan silahturami PPWI ke Pemerintah Kota Iiyama. “Selamat datang di Iiyama-shi, kami sangat senang atas kunjungan wartawan dan pewarta warga dari Indonesia, semoga merasa betah dan senang menikmati suasana di Iiyama-shi,” ucap Wakil Walikota Yukari Ito dalam bahasa Jepang dengan penuh keramahan.

Banyak hal menarik yang dipelajari oleh rombongan PPWI dalam pertemuan dengan Pemerintah Kota Iiyama terkait pengembangan pariwisata di daerah tersebut. Sebagai wilayah pertanian yang dikelilingi pegunungan, Iiyama-shi sangat terkenal dengan wisata agro-culture dan olahraga ski. Perkebunan apel adalah salah satu daya tarik wisata yang pengelolaannya dilakukan oleh masing-masing petani apel. Ukuran buah apel yang lebih besar dari ukuran apel pada umumnya serta rasa manis setara manisnya gula, adalah sesuatu yang jarang dijumpai di daerah lain.

Selain hasil panen yang melimpah, daerah pertanian di Iiyama-shi juga selalu menjadi sasaran para siswa dan mahasiswa melakukan kunjungan studi, baik untuk praktek pertanian maupun penelitian. “Setiap musim tanam, para siswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Nagano dan sekitarnya, juga dari daerah lain seperti Tokyo dan Osaka, datang ke sini untuk belajar menanan padi, menyiangi, dan lainnya,” ujar Mr. Kobayashi Hiroi Yuki, petani yang sekaligus pemilik penginapan (minshuku) Togari Onsen, tempat team PPWI menginap sambil study pariwisata di Iiyama-shi.

Acara kemudian ditutup dengan foto bersama dan tukar-menukar kartu nama yang merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Jepang sebagai penanda persahabatan dan persaudaraan. Iiyama-shi… saiko, saiko, gambarimasu..!! (APL/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *